Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit Dalam Pengembangan Masyarakat Di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Studi Kasus : PT Sago Nauli di Desa Sinunukan, Kec.Sinunukan, Kab. Mandailing Natal, Sumatera Utara)

Suci Riswayanti, Helmi Helmi, Mahdi Mahdi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Mengidentifikasi bentuk CSR yang dilaksanakan PT Sago Nauli, Mengukur persepsi masyarakat terhadap tingkat kebutuhan dan pelaksanaan CSR PT Sago Nauli. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Februari-26 Maret 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 94 KK. Data dianalisis untuk tujuan pertama dengan mendeskripsikan bentuk CSR yang dilaksanakan PT Sago Nauli, untuk tujuan kedua dianalisis menggunakan metode analisis skala likert. Hasil analisis menunjukkan (1) Bentuk program CSR yang dilaksanakan Oleh PT Sago Nauli yaitu perbaikan jalan, perbaikan sarana ibadah, peringatan hari-hari besar nasional, santunan anak yatim, dan perbaikan sarana pendidikan. (2) Persepsi masyarakat terhadap tingkat kebutuhan masyarakat sinunukan dari aspek kelembagaan, pembiayaan, social budaya masyarakat, pendidikan, dan lingkungan dinilai sangat penting. Persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan CSR PT Sago Nauli dari aspek pendidikan dan social budaya masyarakat dinilai sangat baik sedangkan dari segi kelembagaan dan pembiayaan dinilai sangat buruk, begitu juga dari aspek lingkungan dinilai buruk.

Kata Kunci: CSR, Persepsi, Tingkat Kebutuhan

This receach aims to analyze (1) Identify the form of CSR carried out by PT Sago Nauli, Measuring community perceptions of the level of needs and implementation of PT Sago Nauli's CSR. This research was conducted on 26 February-26 March 2019. The data used in this study were primary data and secondary data. The method used is the survey method. The sampling method uses Slovin formula so that the sample used in the study amounted to 94 families. Data were analyzed for the first purpose by describing the form of CSR carried out by PT Sago Nauli, for the second purpose analyzed using the Likert scale analysis method. The results of the analysisshow (1) Forms of CSR programs implemented by PT Sago Nauli, namely road repairs, repair of religious facilities, commemoration of national holidays, compensation for orphans, and improvement of educational facilities. (2) Community perceptions of the level of community needs are from the institutional, financial, social and cultural aspects of society, education, and the environment considered very important. Public perceptions of the implementation of PT Sago Nauli's CSR from the educational and socio-cultural aspects of the community were considered to be very good while in terms of institutions and financing it was considered very bad, as well as from the environmental aspect it was considered bad.

Keywords: CSR, Perception, Requirement Level

Keywords

CSR; Persepsi; Tingkat Kebutuhan;

Full Text:

PDF

References

Afifah, Dzul. 2011. Persepsi Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kegiatan Corporate Social Responsibility (Csr) Oleh PT. Wirakarya Sakti Dalam Penguatan Ekonomi Lokal. [skripsi]. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Agustin. 2013. Keefektifan Pelayanan Tanggungjawab Sosial Perusahaan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia. [skripsi]. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Asriani, Meilisa. 2014. Pengembangan Masyarakat Melalui Program Kredit Mikro Dalam Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT South Pasific Viscose. [skripsi]. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Saefihim. 2014. Analisis Manfaat Program Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Sekitar Perusahaan. [skripsi]. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Sumaryo. 2009. Implementasi Tanggungjawab Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Dalam Pemberdayaan Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat ; Kasus Di Provinsi Lampung. ). [skripsi]. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.