Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Dalam Menggunakan Benih Padi Bersertifikat Di Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Ade Sri Novianti, Rahmat Syahni Z, Rusda Khairati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan petani yang menggunakan benih bersertifikat dan petani yang tidak menggunakan benih bersertifikat pada usahatani padi dan mengetahui faktor yang mempengaruhi petani dalam mengambil keputusan penggunaan benih bersertifikat pada usahatani padi di Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Maret – 26 April 2019. Data yang digunakan dalam   penelitian ini adalah data primer. Metode yang digunakan adalah metode survei yang menggunakan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan data. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Analisis data untuk tujuan pertama dengan deskriptif kualitatif, untuk tujuan kedua dianalisis dengan deskriptif kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS 21. Hasil analisis menunjukan bahwa petani yang menggunakan benih padi bersertifikat umumnya adalah petani  yang berumur pada rentang 24-45 tahun, sebagian besar telah menempuh pendidikan hingga  tingkat  Sekolah Menengah Atas,  memiliki penguasaan lahan  sebesar 0,25Ha-1Ha, mengusahakan lahan yang berstatus milik sendiri atau tidak disewa. Dan keputusan petani dalam   penggunaan benih bersertifikat dipengaruhi oleh umur petani, penerimaan usahatani, ukuran usahatani dan status kepemilikan lahan. Sedangkan jumlah tanggungan keluarga, tingkat pendidikan, dan pengalaman berusahatani tidak berpengaruh secara signifikan.

Kata Kunci: Keputusan, Benih, Bersertifikat

This study aims to analyze (1) to describe farmers who use certified seeds and farmers who do not use certified seeds on rice farming in Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. (2) find out the factors that influence farmers in making decisions on the use of certified seeds in rice farming in Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. This research was conducted on March 26 - April 26 2019. The data used in this study were primary data. The method used is a survey method that uses questionnaires as an instrument for data collection. The sampling method used is accidental sampling. Data analysis for the first objective was descriptive qualitative, for the second purpose analyzed by descriptive quantitative using the SPSS application. The results of the analysis show that (1) farmers who use certified paddy seeds are generally farmers who are in the range of 24-45 years, most of whom have gone to senior high school level, seeking land that is privately owned or not rented. (2) The decision of the farmer to use certified seeds is influenced by the age of the farmer, farm income, farm size and land ownership status.

Keywords: Decision, Seed, Certified

Keywords

Keputusan; Benih; Bersertifikat;

Full Text:

PDF

References

Andoko, Agus. 2002. Budidaya Padi secara Organik. Penebar Swadaya: Jakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2016. Statistical Year Book Of Indonesia 2016. BPS Indonesia

Kartasapoetra, Ance. 1992. Teknologi Benih. PT Asdi Mahasatya: Jakarta.

Nainggolan, Kasman. 2005. Pertanian Indonesia Kini dan Esok. Pustaka Sinar Harapan: Jakarta.

Soekartawi. 2005. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. UI Press: Jakarta.

Suhendrata, Tota. 2008. Peran Inovasi Teknologi Pertanian Dalam Peningkatan Produktivitas Padi Sawah Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Prosiding Seminar Nasional Teknik Pertanian. Yogyakarta. 18-19 November 2008.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. PT Alfabet: Bandung

Uzzam, Fathihah Ulfah. 2011. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi Di

Kabupaten Solok. Universitas Andalas Fakultas Ekonomi: Padang

Wijaya, Irawan Yudha. 2017. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Petani Dalam Memilih Benih Bersertifikat Pada Usahatani Padi Di Kabupaten Bantul. Program Studi Agribisnis: Universitas Muhammadyah Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.