Analisis Penentuan Komoditi Unggulan Berbasis Sektor Pertanian Dalam Mendorong Perekonomian Wilayah Di Kabupaten Lima Puluh Kota

Ikhsan Azhari, Hasnah Hasnah, Yenni Oktavia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengidentifikasi komoditi unggulan yang perlu dikembangkan dan menjadi pendorong perekonomian daerah dibidang pertanian. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis location quotient (LQ) dan shift-share analisis (SSA) untuk mengetahui komoditi unggulan yang dapat dikembangkan di setiap Kecamatan Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil analisis menunjukkan  komoditi unggulan pada prioritas pertama adalah padi, kacang panjang, manggis, duku, nenas, sirsak dan coklat. Untuk prioritas kedua adalah ketimun, buncis, papaya, kelapa dan gambir. Sedangkan untuk prioritas ketiga adalah terung

Kata Kunci: Komoditi Unggulan, Pusat Pertumbuhan, Perekonomian Daerah

This study aims to identify superior commodities that need to be developed and become a driver of the regional economy in agriculture. The analytical method used is descriptive quantitative method by using location quotient (LQ) and shift-share analysis (SSA) to find out the superior commodities that can be developed in each District of Lima Puluh Kota. The results of the analysis show that the main commodities in the first priority are rice, beans, mangosteen, duku, pineapple, soursop and chocolate. The second priority is cucumber, beans, papaya, coconut and gambier. Whereas the third priority is eggplant.

Keywords: Superior Commodity, Center for Growth, Regional Economy

Keywords

Komoditi Unggulan; Pusat Pertumbuhan; Perekonomian Daerah;

Full Text:

PDF

References

Antara, Made.2009. Pertanian, Bangkit atau Bangkrut?. Arti Foundation.Denpasar

Kuncoro, Mudrajad.2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis ? Edisi 3 . Erlangga.Jakarta.

Sunarti.2016.Analisis Peran Sektor Pertanian dalam Perekonomian Provinsi Lampung (Pendekatan Analisis Input-Output).Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Todaro dan Smith.2006. Pembangunan Ekonomi (terjemahan). Edisi Kesembilan.Penerbit Erlangga.Jakarta.

Todaro,Michael. 2009. Pembangunan Ekonomi : Jilid 1 Edisi 9. Erlangga.Jakarta.

Wiratha.2006.Metode Penelitian Sosial Ekonomi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.