Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Nagari Di Kecamatan Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Ninda fatmawati, Rudi febriamansyah, Rafnel Azhari

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas pengelolaan keuangan nagari dengan membandingkan pelaksanaan pengelolaan keuangan nagari di Kecamatan Koto XI Tarusan dengan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dengan responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa akuntabilitas pada aspek perencanaan adalah 48%, akuntabilitas pada aspek pelaksanaan adalah 87%, akuntabilitas pada aspek penatausahaan adalah 33%, akuntabilitas pada aspek pelaporan adalah 59%, dan akuntabilitas pada aspek pertanggungjawaban adalah 68%. Secara keseluruhan akuntabilitas pengelolaan keuangan nagari di Kecamatan Koto XI Tarusan sudah akuntabel. Hanya terdapat 3 dari 23 nagari yang tidak akuntabel.

Kata Kunci: akuntabilitas pengelolaan keuangan, Permendagri No. 113 Tahun 2014

This research is a descriptive quantitative research which aims to determine the accountability management of village financial by comparing the implementation of village financial in the Koto XI Tarusan District with Permendagri No. 113 Year 2014 about Village Financial Management Guideline. The data collection method used in this research was structured interviews with research respondance. The results showed that the accountability in the planning aspect is 48%, accountability on aspect of implementation is 87%, accountability in the administration aspect is 33%, accountability in the reporting aspect is 59%, and the last accountability is 68% . Over all accountability management of village financial in Koto XI Tarusan District is accountable. Just 3 of the 23 nagari in Koto XI Tarusan district was not accountable.

Keywords: village financial management accountability, Pemendagri No. 113 Year 2014

Keywords

akuntabilitas pengelolaan keuangan; Permendagri No. 113 Tahun 2014;

Full Text:

PDF

References

[BPKD] Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2017. Kecamatan Koto IX Tarusan dalam Angka 2017. BPS Kabupaten Pesisir Selatan.

Haryanto, Sahmudin. 2007. Akuntansi Sektor Publik. Edisi PErtama. Universitas Diponegoro: Semarang.

Nafidah, Lina Nasehatun.2017.Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Jombang. [Jurnal]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Peraturan Pemerintah No 47 Tahun 2015

Peraturan Menteri Dalam Negeri no 113 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa

Undang – undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.