Kontribusi Usahatani Jeruk Siam (Citrus Nobilis L. Var. Microcarpa Hassk) terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam

Meriyanti Meriyanti, Hasnah Hasnah, Rusda Khairati

Abstract

Jeruk merupakan tanaman buah yang banyak terdapat di Sumatera Barat terutama di Kabupaten Agam, yang sekaligus sebagai daerah penghasil jeruk terbesar yaitu sebanyak 52.561 ,00 ton pada tahun 2016. Kamang Magek merupakan salah satu Kecamatan penghasil jeruk terbesar di Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan profil usahatani Jeruk Siam (2) menganalisa kontribusi usahatani Jeruk Siam terhadap pendapatan rumah tangga. Metode yang digunakan adalah survey. Teknik pengambilan responden yaitu dengan purposive (sengaja). Data dianalisa secara deskriptif kualitatif untuk tujuan pertama, secara deskriptif kuantitatif untuk tujuan kedua. Hasil penelitian tentang kontribusi usahatani jeruk siam terhadap pendapatan rumah tangga petani menunjukkan bahwa sumber pendapatan rumah tangga petani berasal dari penanaman jeruk siam, selain itu juga berasal dari pertanian lainnya dan non pertanian. Besar rata-rata kontribusi jeruk siam yang diberikan selama satu tahun yaitu 53.2% atau Rp27,277,678. Disimpulkan bahwa usahatani jeruk siam memiliki kontribusi yang besar terhadap pendapatan rumah tangga petani. Jadi Usahatani jeruk siam ini sangat bagus untuk dikembangkan ke depannya. Pemanfaatan lahan yang optimal dengan tetap memperhatikan keseimbangan liungkungan akan dapat memberikan hasil yang optimal.

Keywords

Kontribusi, usahatani jeruk siam, pendapatan rumah tangga

Full Text:

PDF

References

Ahira, A. (2012). Deskripsi Teori Kontribusi. eprints.uny.ac.id.

BPS. (2017). Kecamatan Kemang Magek Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam, Lubuk Basung.

Gustiyana, H. (2004). Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian Salemba Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Pratama, D. (2010). Pengertian Hortikultura. Dodipratama.Blogspot.com.

Purnama, H. (2009). Strategi Pemasaran Agrowisata Kebun Buah Plantera Fruit Paradise Kabupaten kendal Jawa Tengah. skripsi, Institut Pertanian Bogor, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen , Bogor.

Rahim dan Hastuti. (2007). Pengantar teori dan Kasus Ekonomika Pertanian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rahmi, A. (2016). Analisis Kontribusi Pendapatan Petani Jeruk Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani di Kanagarian Pekonina Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. skripsi, Universitas Andalas, Fakultas Pertanian.

Soedarya , A. (2009). Agribisnis Jeruk. Bandung: CV Pustaka Grafika.

Soekartawi. (2006). Analisis Usahatani. Jakarta: UI Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.