Analisis Bauran Pemasaran dan Minat Beli Ulang Konsumen Kopi pada Rimbun Espresso & Brew Bar Kota Padang

Rido Fadillah, Lora Triana, Rina Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bauran pemasaran yang telah diterapkan Rimbun Espresso & Brew Bar dan (2) menganalisa hubungan atribut bauran pemasaran dan minat beli ulang konsumen kopi Rimbun Espresso & Brew Bar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu konsumen yang mengunjungi Rimbun Espresso & Brew Bar sebanyak dua kali atau lebih dengan sampel sebanyak 82 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data diperoleh dari kuisioner dengan penilaian skala likert dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk melihat hubungan bauran pemasaran dan minat beli ulang konsumen digunakan alat analisis statistika uji statistic Chi-Square. Hasil penelitian menunjukan atribut bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi, tempat, sumberdaya, proses, lingkungan fisik adalah sangat baik dan konsumen sangat berminat untuk melakukan pembelian ulang. Pada analisis Chi-Square, variabel bauran sumberdaya, proses, lingkungan fisik memiliki hubungan dengan minat beli ulang konsumen sedangkan variabel bauran produk, harga, promosi, tempat tidak memiliki hubungan. Disarankan kepada Rimbun Espresso & Brew Bar untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan, suasana, kenyamanan, dan fasilitas yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen ketika berkunjung.

Keywords

Bauran pemasaran, kedai kopi, minat beli ulang

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

AEIKI. (2016). Industri Kopi Indonesia. http://www.aeki-aice.org / page / industri-kopi/id.

Daniel, M. (2005). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.

Idrus, R. (2012). Tren Perkembangan Komoditi Unggulan Perkebunan Rakyat Di Sumatera Barat. Jurnal Tren Komoditi Unggulan, Vol. XII.

Kasnaeny, K., Achmad, D., & Fatchur. (2013). Patronage Buying Motives of Coffee shop’s Consumers. IOSR Journal of Business and Management (IOSR- JBM), 8 (3), 19-22.

Kemenperin RI. (2013.). Produksi kopi nusantara ketiga terbesar di dunia. www.kemenperin.go.id.

Kotler. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, & Amstrong. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran Jilid 1. (Alih Bahasa: Bob Sabran, M.M). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. (E. ke-13, Penyunt.) Jakarta: Erlangga.

Kotler; Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan Jilid Satu. (T. O. M.B.A., Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, M. (2005). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sairdama. (2013). Analisis Pendapatan Petani Kopi Arabika (Coffea Arabica) dan Margim Pemasaran di Distrik Kamu Kabupaten Dogiyai. skripsi, Universitas Satya Wiyata Mandala, Papua.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2006). Service Marketting (4th ed). New York: The MC Graww-Hill Companies, Inc.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.