Komunikasi Pembangunan Partisipatif Pada Program Pemberdayaan Masyarakat di Papua

Indah Sulistiani

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat di Papua akan berlangsung dengan baik manakala dalam pelaksaannya didukung oleh partisipasi masyarakat secara aktif, dimana masyarakat sebagai pelaksana sekaligus penikmat dari hasil-hasil pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan melalui komunikasi yang efektif dan bersinergi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat komunikasi partiispatif dari analisis SEM menunjukkan nilai koefisien pengaruh positif dengan angka standarized loading factor sebesar 0,20. Artinya bahwa semakin tinggi tingkat komunikasi partisipatif akan semakin meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memberdayakan dirinya.

Keywords

development communication, participatory, empowerment programs

Full Text:

PDF

References

Aminah, S. (2012). Model komunikasi partisipatif dalam pemberdayaan petani kecil mewujudkan ketahanan pangan. disertasi, Institute Pertanian Bogor , Bogor.

Chambers, R. (1996). Partisipatory Rural Appraisal: Memahami Desa Secara Partisipatif . Yogyakarta : Kanisius.

Creswell, J. W. (2009). Research Design. Qualitatif, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. (3 ed.). (T. O. Yogyakarta, Penerj.) Pustaka Pelajar.

Purnaningsih, N. (2006). Adopsi Inovasi Pola Kemitraan Agribisnis Sayuran di Provinsi Jawa Barat. disertasi, Institut Pertanian Bogor .

Rasila B N and Mudau M J. . (2012). Effective communication as A Strategic Tool for Rural Development: A model to take South African Government beyond mobilization and consultation through public participation. Journal of Media and Communication Studies, 4(7), 134-141.

Servaes, J. (2007). Harnessing the UN System Into a Common Approach On Communication for Development. Journal Sage, 483-507.

Zolfaghari, A. (2009). The Factors Contributing to the Success of Community Learning Centers Program in Rural Community Literacy Development in the Islamic Republic of Iran: Case Studies of Two Rural Communities. Proquest Journal, Asian Culture and History, 1(2), 103-107.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.