Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen terhadap Kopi Arabika Lolo pada Kafe Gubuk Coffee Central di Payakumbuh

Laelatul Rahmi, Hasnah Hasnah, Lora triana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan gambaran kepuasan konsumen minuman kopi Arabika Lolo berdasarkan bauran pemasaran pada kafe Gubuk Coffee Central (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap minuman kopi Arabika Lolo pada kafe Gubuk Coffee Central. Penelitian ini dilakukan pada 9 Mei – 9 Juni 2019. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang digunakan berjumlah 97 responden. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Tingkat kepuasan konsumen minuman kopi Arabika Lolo pada Kafe Gubuk Coffee Central berada pada kategori puas dengan nilai skor rata-rata sebesar 4,18. Jika dilihat dari variabel bauran pemasaran diketahui bahwa semua variabel memiliki nilai skor rata-rata yang berada pada kategori baik untuk variabel produk, tempat, dan harga, dan kategori sangat baik untuk variabel harga. (2) Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen minuman kopi Arabika Lolo adalah variabel produk dan variabel harga, sedangkan variabel tempat dan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen minuman kopi Arabika Lolo

Keywords

coffee, arabica lolo, consumer satisfaction, marketing mix

Full Text:

PDF

References

Adityo, Danny et al. . (2014. ). Pengaruh Karakteristik Situasional dan Komponen Kualitas Layanan Gerai Starbucks terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Agribisnis, 2, 49-60.

AEKI. (2018). Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. . http://www.aeki-aice.org

Refbacks

  • There are currently no refbacks.