Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keberhasilan Program Upsus Pajale di Kecamatan Seputih Raman di Kabupaten Lampung Tengah

Ayu Marsela, Dewangga Nikmatullah, Begem Viantimala

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program upsus pajale dikecamatan Seputih Raman dan  mengetahui faktor-faktor keberhasilan Program Upsus Pajale dikecamatan Seputih Raman. Data dikumpulkan pada bulan Januari 2019 dan melibatkan sebanyak 51 responden dan penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei. Metodologi yang digunakan yaitu analisis deskriftif kualitatif dan uji korelasi Rank Spearman.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Program Upsus Pajale berjalan dengan baik, artinya tingkat produktivitas padi tergolong dalam klasifikasi sedang yaitu 4,94 ton/ha.  Faktor - faktor yang berhubungan nyata dengan pelaksanaan program Upsus Pajale adalah alih fungsi, jaringan irigasi dan modal petani, sedangkan fragmentasi lahan tidak berhubungan nyata dengan pelaksanaan Program Upsus Pajale.

Keywords

Factors, level productivity, program

Full Text:

PDF

References

BPS. (2017). Lampung Dalam Angka 2018. Lampung: Badan Pusat Statistik.

Departemen Pertanian. (2015). Rencana Strategis 2015–2019 Peraturan Mentri Pertanian. . Jakarta.

Dirjen Tanaman Pangan. (2012.). Pedoman Pelaksanaan Program Peningkatan Produksi, Produktivitas, dan Mutu Tanaman Pangan untuk Mencapai Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan. Kementerian Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan, Jakarta.

Rizqi , H., Gitosaputra , S., & Silvianti , S. (2019). Partisipasi Anggota Kelompok Tani dalam Program Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai dikecamatan Metro Barat Kota Metro. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 7(1).

Sadono, D. (2008). Pemberdayaan Petani: Paradigma Baru Penyuluhan Pertanian di Indonesia. Jurnal Penyuluhan, 4(1), 65-74.

Siegel, S. (1994). Statistik Non Parametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Gramedia.

Sugiarto. (2003). Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama .

Wati, H., & Chazali, C. (2015). Sistem Pertanian Padi Skala Kecil Indonesia dalam Perspektif Efisiensi Sosial. Jurnal Analasis Sosial, 19 (1), 41-56.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.