Keberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan dan Keberhasilan Pengelolaan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman di Provinsi Lampung

Isti Putri Utami, Tubagus Hasanuddin, Abdul Mutolib

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberdayaan masyarakat dan keberhasilan pengelolaan Tahura WAR serta kaitan antara keduanya. Responden yang digunakan adalah 30 orang yang termasuk dalam anggota Kelompok Pengelola dan Pelestari Hutan di Kelurahan Sumber Agung yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data dengan wawancara dan Focus Group Disscussion. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, sedangkan untuk analisis data digunakan uji Rank Spearman. Berdasarkan hasil temuan, diketahui jika tingkat keberdayaan masyarakat sekitar Tahura WAR secara keseluruhan masuk dalam klasifikasi sedang. Hal tersebut berdasarkan tingkat pendidikan yang rendah sehingga kurangnya keterampilan masyarakat KPPH Tahura WAR dalam mengelola Tahura WAR. Keberhasilan pengelolaan Tahura WAR termasuk dalam kategori berhasil secara keseluruhan. Hal tersebut berdasarkan pada keberhasilan pengelolaan Tahura WAR dalam menjalankan fungsinya sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan serta perkembangan usaha pertanian masyarakat KPPH Tahura WAR. Keberdayaan masyarakat sekitar Tahura WAR memiliki hubungan nyata yang kuat dengan keberhasilan pengelolaan Tahura WAR di Provinsi Lampung. Berdasarkan Hal tersebut, diharapkan Dinas Kehutanan dan UPTD Tahura WAR dapat meningkatkan keberdayaan masyarakat melalui program pemberdayaan sehingga Tahura WAR dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal.

Keywords

Empowerment, management success, tahura WAR

Full Text:

PDF

References

Alviya, I. (2006). Penetapan Hutan Lindung Gunung Ceremai menjadi Taman Nasional dan Dampaknya bagi Masyarakat Sekitar Kawasan. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, 3 (2), 87-94.

Anggraini, R., Rangga, K. K., & Hasanuddin, T. (2019). Partisipasi Petani dan Keberhasilan Program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan.

Choiria, I., Hanafi, I., & Rozikin, M. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik, 3 (12), 2112-2117.

Departemen Kehutanan. (2014). Hutan Kemasyarakatan (HKm). http:bp2sdmk.dephut.go.id. Diakses pada 09 Juli 2019.

Haryanto, T. D. (2011). Pengelolaan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat dalam Sistem Agroforestry. Jurnal Wacana Hukum, 10 (1), 17-30.

Hasanuddin, T., & Muhammad, D. (2012). Tingkat Keberhasilan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dalam Meningkatkan Pendapatan dan Keberdayaan Masyarakat Petani di Pedesaan. Jurnal Activita, 4 (2), 151-167.

Monalisa. (2010). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha pada CV. Karaos Cattering di Bandung. Jurnal Unikom, 1 (2), 59-72.

Nurlia, A., Martin, E., & Winarno, B. (2015). Kajian Pengelolaan Kolaboratif Kawasan Hutan di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, Provinsi Lampung. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Aspek Sosial Ekonomi dan Kebijakan, Palembang, Agustus 2015.

Setyaningsih, E., Gayatri, S., & Eddy, B. T. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Ibu Rumah Tangga tentang Konsep Daging Sapi yang Asuh di Desa Baturetno Kabupaten Wonogiri. Jurnal Agrisocionomics, 1 (2), 122-134.

Sugiatono, E., & Dharmayanthi, W. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Kawasan Hutan Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Jember, 2016.

Suwarno, Sartohadi, J., Sunarto, & Sudharta, J. (2014). Kajian Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Lahan Rawan Longsor di Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Jurnal Geoduksi, 3 (1), 15-22.

Tim SHK Lestari. (2008). Inventarisasi Potensi Tumbuhan dan Satwa Liar sebagai Pendukung Ekowisata di Lokasi Kelola SHK Lestari Tahura Wan Abdul Rachman. Laporan Hasil Penelitian, Bandar Lampung.

UPTD Tahura WAR. (2006). Master Plan Tahura Wan Abdul Rachman Reg. 19 Gunung Betung. . Bandar Lampung: UPTD Tahura WAR.

UPTD Tahura WAR. (2017). Blok Pengelolaan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Bandar Lampung: UPTD Tahura WAR.

Winarwan, D. (2011). Kebijakan Pengelolaan Hutan, Kemisikinan Struktural dan Perlawanan Masyarakat. Jurnal Kawistar, 1 (3), 213-224.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.