Analisis Komunikasi Program Asuransi Usaha Tani Padi dan Persepsi Petani di Kabupaten Solok

Yenny Oktavia, Zednita Azriani

Abstract

Sektor pertanian khususnya tanaman pangan sering dihadapkan kepada resiko kegagalan panen.  Hal ini disebabkan karena perubahan iklim dan bencana yang dialami sektor pertanian.  Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) merupakan suatu upaya untuk mengatasi resiko kegagalan panen bagi petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat persepsi petani terhadap Program Asuransi Usaha Tani Padi di Kabupaten Solok, dan menganalisis komunikasi AUTP dalam rangka meningkatkan perencanaan komunikasi program AUTP di Kabupaten Solok. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Persepsi petani terhadap program AUTP di Kabupaten Solok secara umum adalah kurang baik, yang direfleksikan dengan kurang baiknya persepsi petani terhadap sosialisasi AUTP, polis AUTP, klaim AUTP, dan manfaat AUTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi yang diberikan cukup sesuai dengan kebutuhan dan relevan dengan permasalahan yang dihadapi petani, namun masih kurangnya sosialisasi program, sehingga ketentuan-ketentuan pada mekanisme program belum terakomodasi sesuai keinginan petani. Artinya, program AUTP yang ada selama ini belum diinisiasi dari sistem sosial masyarakat, khususnya petani, tujuan dan ketentuan program yang ada saat ini hanya merupakan hasil ketetapan dari pemerintah.

Keywords

planning communication , perception , insurance farming rice , program analize

Full Text:

PDF

References

Azriani, Z., Usman, Y., & Paloma, C. (2017). Kajian Pelaksanaan Asuransi Usaha Tani Padi di Kota Padang. Laporan Penelitian, Universitas Andalas, Fakultas Pertanian, Padang.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Oktavia, Y., Muljono, P., Amanah, S., & Hubeis, M. (2017). Communication Strategy In Developing The Capacity of The Actors of Agribusiness Of Freshwater Fisheries. International Journal of Research In Social Sciences, Vol. 14. No.1.

Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, A., & Priatna, B. (2017). The Role Of Communication In Corporate Social Responsibility. International Journal of Research In Social Sciences, Vol. 5, No.7.

Riffe, D., Lacy, S., Fico, F., & Watson, B. (2019.). Analyzing Media Messages Using Quantitative Content Analysis In Research.

Sulistiani, I., Sumardjo, Purnaningsih, N., & Sugihen. (2017 ). The Determinate Factors That Affect To Social Energy Development To Papua Community Empowerment In Indonesia. International Journal of Research In Social Sciences, Vol. 12, No.1.

Windahl, S., Benno , H. S., & Jean , T. O. (1992). Using Communication Theory An Introduction to Planned Communication. London- California- New Delhi: Sage.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.