Analisis Persepsi Konsumen Beras di Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Rahyuni Rahyuni, Melinda Noer, Yusmarni Yusmarni

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang pada bulan Oktober – November 2019. Tujuan  penelitian adalah mendeskripsikan karakteritik konsumen beras, menganalisis proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen dalam pembelian beras dan menganalis persepsi konsumen terhadap beras di Kecamatan Padang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Data analisa secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen sebagai rersponden yang dijumpai penelitian ini sebagain besar perempuan, berumur usia produkstif dan sudah berumah tangga dengan pendapatan kecil dari Rp. 2.5 jt/ bulan. Hasil untuk tujuan kedua, bahwa proses keputusan pembelian konsumen terdapat lima tahap yaitu: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi,penilaian alternative,keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Hasil untuk tujuan ketiga, bahwa persepsi konsumen terhadap beras berdasarkan pengolahan data dengan Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa kinerja yang harus segera ditingkatkan adalah warna alami beras.

Keywords

karakteristik konsumen, keputusan, persepsi

Full Text:

PDF

References

Nasinanl Cukup. Indonesia: Kementrian Pertanian RI.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. (2013). Buletin Konsumsi Pangan Vol 4 (2):8-18. . . Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.