Kontribusi Sektor Pertanian Sebagai Basis Perekonomian Kabupaten Lima Puluh Kota

Berliani Fitri Adella, Melinda Noer, Yuerlita Yuerlita

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kontribusi Sektor Pertanian sebagai Basis Perekonomian Kabupaten Lima Puluh Kota”. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kecenderungan pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota selama periode tahun 2010-2020, mengidentifikasi subsektor basis dan nonbasis, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di subsektor pertanian basis Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa runtun waktu (time series) dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Lima Puluh Kota dan Provinsi Sumatera Barat tahun 2010-2020 dan produksi per subsektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota dan Provinsi Sumatera Barat tahun 2016-2020. Hasil analisis didapat kesimpulan, selama 10 tahun terakhir pertumbuhan PDRB Sektor Pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki trend pertumbuhan yang negatif walaupun kontribusinya terhadap PDRB Kabupaten Lima Puluh Kota adalah yang terbesar. Subsektor basis pada sektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota adalah subsektor tanaman pangan, subsektor hortikultura, dan subsektor perkebunan. Proporsional Shift memiliki nilai negatif pada subsektor tanaman pangan sedangkan Differential Shift memiliki nilai negatif pada subsektor perkebunan.

Keywords

Sektor Basis; Analisis trend; least square

Full Text:

PDF

References

Nurif, Muchammad. Muchtar, Sukrianti. 2010. Pembangunan Ekonomi Berbasis Agribisnis Sebagai Wujud Dari Pembangunan Ekonomi Yang Berkelanjutan. JHS Jurnal Sosial Humaniora. Vol 3 No 2 November 2010. Hal 124-138.

Prabokawuryan, Mutiara. 2020. [Webinar] Analisis Shift Share. Bogor: Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB. 1 jam 58 menit

Pratomo, Satriyo.2010. Analisis Peran Sektor I Sebagai Sektor Unggulan Di Kabupaten Boyolali Tahun 1998-2008. [Skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sjafrizal. 2015. Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi. Rajawali Press. Depok.

Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi Jilid II. Edisi Ke Enam. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, Robinson. 2018. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. Cetakan Kesembilan. Bumi Aksara, Jakarta.

Wirartha, I Made. 2006. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Penerbit Andi. Yogyakarta. Hal: 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.