Karakteristik Petani Kopi di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar

Hary Yanto Jailani, Nofialdi Nofialdi, Zulvera Zulvera

Abstract

Keberhasilan petani dalam melakukan usahatani terkait dengan kompetensi yang dimilikinya. Karakteristik dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan tindakan. Setiap petani memiliki karakteristik yang berbeda untuk memberikan dorongan dalam bertindak seperti petani kopi dalam melakukan usahatani kopi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik petani kopi di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari data primer melalui wawancara langsung dengan responden dan literatur lain. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu umur, pendidikan, jenis kelamin, pengalaman, dan kemauan keras untuk berhasil. Untuk menganalisis indikator kemauan keras untuk berhasil diukur dengan skala likert 1, 2, 3, 4, dan 5. Skor tertinggi (5) untuk jawaban yang sangat diharapkan sedangkan skor terendah (1) untuk jawaban yang sangat tidak diharapkan. Sebagian besar petani kopi di Kecamatan Batipuh Selatan termasuk kedalam golongan usia produktif. Tingkat pendidikan tertinggi petani kopi adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan tingkat pendidikan petani paling banyak yaitu pada Sekolah Dasar (SD). Jumlah petani kopi laki-laki di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar lebih besar dari petani perempuan. Pengalaman petani dalam melakukan usahatani kopi rata-rata adalah 21 tahun. Petani kopi di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar memiliki keinginan untuk menghasilkan produk yang berkualitas. 

Keywords

kopi; petani kopi; likert

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Amir, Reza Mardhiyah. 2017. Pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap kinerja umkm olahan ubi kayu di kota padang [Tesis]. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Boeree, D.C. 2010. Psikologi Sosial. Primasophie. Yogyakarta.

Putri, Resti Widya. 2015. Karakteristik Petani Dalam Pengembangan Hutan Rakyat di Desa Buana Sakti Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Sylva Lestari. Vol. 3 No. 2, Mei 2015 (89—98).

Rahmi, Khairum. 2015. Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Petani Terhadap Kinerja Usaha Pada Sistem Integrasi Tanaman Dan Ternak [Tesis]. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. ALFABETA. Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.