Analisis Pendapatan Rumah Tangga petani Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Rakyat Sesudah Dilakukan Peremajaan di Kabupaten Pasaman Barat

Megawati Megawati, Rahmat Syahni, Rina Sari

Abstract

Replanting adalah suatu proses peremajaan kelapa sawit yang berusia 20-25 tahun dengan cara mengganti dengan kelapa sawit yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik rumah tangga petani yang melakukan peremajaan kelapa sawit dan besarnya pendapatan rumah tangga petani sesudah dilakukan peremajaan kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan metode survei, dimana responden pada penelitian ini adalah petani yang ikut serta dalam peremajaan kelapa sawit di KSU Bina Tani Sejahtera sebanyak 33 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden. Adapun, besarnya pendapatan rumah tangga petani menggunakan analisis pendapatan rumah tangga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur petani responden palingbanyak berada di antara 15-64 tahun, berpendidikan SD, serta memiliki jumlah anggota keluarga berkisaran 0-3 orang. Dari segi pekerjaan, sekitar 69,70% petani memiliki pekerjaan utama sebagai petani jagung dan kebanyakan petani tersebut memiliki pekerjaan sampingan sebagai petani kelapa sawit sekitar 42,42% petani. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok rumah tangga petani yang melakukan peremajaan yaitu petani yang melakukan peremajaan total dan petani yang melakukan peremajaan sebagian. Rata-rata pendapatan yang diterima oleh petani yang melakukan peremajaan total yaitu sebesar Rp.43.621.796,88/tahun atau Rp.3.635.149,74/bulan. Disi lain, rata-rata pendapatan rumah tangga petani yang melakukan peremajaan sebagian yaitu Rp.113.984.470,59/tahun atau Rp.9.498.705,88/bulan. Sehingga, disarankan kepada petani untuk melakukan peremajaan sebagian jikalau memiliki lahan kelapa sawit yang luas. Untuk petani yang tidak memiliki lahan kelapa sawit setelah peremajan disarankan untuk mencari sumber pendapatan lain untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Keywords

kelapa sawit; replanting; rumah tangga

Full Text:

PDF

References

Bhaskara, A.A Yoga, I Gede Wardana, dan Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni. 2019. Pengaruh Pendidikan, Jenis Kelamin, dan Status Pekerjaan terhadap Pendapatan Pekerjaan di Bali. E-Jurnal EP Unud 8(9):

-1976.

Burano, Rizqha Sepriyanti dan Trisna Yuliza Siska. 2019. Pengaruh Karakteristik Petani dengan Pendapatan Petani Padi Sawah. Jurnal Menara Ilmu 13(10): 68-74.

Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat. 2020. Rekapitulasi Kegiatan Peremajaan Kelapa Sawit. Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat.

Fauzan, Muhammad. 2020. Pendapatan Rumah Tangga Petani Bawang Merah Lahan Pasir Pantai di Kabupaten Bantul. Jurnal Agri Sains 4(1): 60-66.

Isdayanti. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kelurahan Mata Allo Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kapisa, Mateus Benyamin, Siti Aisah Bauw, dan Rumas Alma Yap. 2021. Analisis Tingkat Pendidikan dan Jneis Pekerjaan terhadap Pendapatan Kepala Keluarga (KK) di Kampung Manbesak Distrik Biak Utara Provinsi Papua. Jurnal Lensa Ekonomi 15(01): 131- 150.

Kurniasih, Ria, Raden Hanung Ismono, dan Teguh Endaryanto. 2021. Sistem Replanting Kelapa Sawit, Opportunity Pendapatan Kelapa Sawit dan Tingkat Kesejahteraan Petani pada Masa Replanting di Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Kabupaten Lampung Selatan. Junal Ilmu Ilmu Agribisnis 9(2): 309-316.

Maramba, Umbu. 2018. Pengaruh Karakteristik terhadap Pendapatan Petani Jagung di Kabupaten Sumba Timur (Studi Kasus: Desa Kiritana, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) 2(2): 94-101.

Purwanto, Agung dan Budi Muhammad Taftazani. 2018. Pengaruh Jumlah Tangguhan terhadap Tingakat Kesejahtaraan Pekerja K3L Universitas Padjadjaran, Jurnal Pekerja Sosial 1(2): 33-34

Salma. 2016. Peranan Hasil Pertanian Kelapa Sawit Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Karossa Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah. [Skripsi].

Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Saputri, Karlina, Saad Murdy dan Zakky Fathoni. 2018. - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Faktor Petani dalam Peremajaan Karet di Kecamatan Pemayung Kabupaten Batang Hari. Jurnal Ilmiah Sosio

Ekonomika Bisnis 21(2): 43-52.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press). Sugesti, Mei Tri, Zainal Abidin dan Umi Kalsum. 2015. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran Rumah Tangga Petani Padi Desa Sukajawa, Kecamatan Bumiratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah. JIIA 3(3): 251-

Wibowo, Ari dan Sutarmo Iskandar. 2021. Analisis Perbedaan

esejahteraan Rumah Tangga Petani Sebelum dan Pada Masa Replanting Kelapa Sawit di Desa Balian Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir. SOCIETA x(1):1-7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.