Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Satu Satu Sembilan Coffee dan Roastery di Kota Solok

Annisa Annisa, Rina Sari, Cipta Budiman

Abstract

Coffee shop yang berada di Kota Solok mulai muncul pada awal tahun 2017. Satu Satu Sembilan Coffee & Roastery merupakan salah satu coffee shop yang memiliki pesaing yang tidak jauh dari coffee shop ini, sehingga pengelola coffee shop perlu mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumennya agar mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen dan menganalisis kepuasan konsumen pada Satu Satu Sembilan Coffee & Roastery. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 78 responden yang berada di Satu Satu Sembilan Coffee & Roastery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen didominasi oleh konsumen berjenis kelamin laki-laki, usia dewasa lanjut (25-35), pendidikan terakhir sarjana (S1), pekerjaan BUMN/PNS, sebagian besar memiliki pendapatan >Rp.2.000.000 – 5.000.000 per bulan dan berdomisili di Kota Solok. Berdasarkan perilaku konsumen yang tampak dan perilaku konsumen yang tidak tampak menjelaskan bahwa sebagian besar dipengaruhi oleh teman dalam melakukan kunjungan, termasuk dalam kategori peminum kopi sebagai penyuka kopi, dan termasuk jenis peminum kopi sosial drinker. Hasil Importance Performance Anaylisis menjelaskan bahwa indikator kinerja yang kurang memuaskan bagi konsumen yaitu ketersediaan parkir dan ketersediaan toilet. Sedangkan nilai Customer Satisfaction Index mencapai 0.853 dengan makna bahwa indikator keseluruahan Satu Satu Sembilan Coffee & Roastery sangat memuaskan konsumen

Keywords

karakteristik; kopi; kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. 2019. Produksi Perkebunan Sumatera Barat Tahun 2019. https://sumbar.bps.go.id/ (Diakses 5 Juli 2021).

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2019. Statistik Kopi Perkebunan Indonesia 2018-2020.

Firdaus, M.M. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM Statistic Version 26.0. Riau : Dotplus Publisher.

Herlyana, Elly. 2012. Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Vol. 13, No. 1 Juni 2012.

Hayati, Nurul. 2013. Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Warung Kopi Rawa Sakti, Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Bogor : Institut Pertanian Bogor. Dipublikasi.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi 13. Jakarta: Erlangga. Sangadji, Etta Mamang, Dr.,M.Si., dan Sopiah, Dr.,MM.,M.Pd. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan

Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Supranto, J. Prof.,M.A.,APU. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Umam, Risep Khairul dan Niluh Putu Hariastuti. 2018. Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VI. Surabaya : Institut Teknologi Adhi Tama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.