Analisis Pendapatan Petani Karet di Desa Sisobahili Tanaseo Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias, Sumatera Utara

Jun Victora Zendrato, Helentina Situmorang, Syakib Sidqi

Abstract

Pendapatan petani karet tidak mampu memenuhi standar biaya hidup karena luas dan produksi karet semakin menurun serta harga karet yang rendah di desa Sisobahili I Tanoseo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan rata-rata per bulan perbandingan dengan UMP (Upah Minimum Provinsi) dan luas dan harga minimum usahatani karet agar setara dengan UMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan usahatani karet sebesar Rp. 418.205/bulan.
Perbandingan uji Z pendapatan petani karet per bulan lebih kecil dibandingkan UMP Sumatera Utara sebesar Rp. 2.522.609/bulan, luas minimum usahatani karet sebesar 9,6 hektar agar setara dengan UMP Sumatera Utara pada harga produk sebesar Rp 9.500/kg dan harga minimum usahatani karet sebesar Rp 37.189/kg agar setara dengan UMP Sumatera Utara pada luas lahan sebesar 1,6 hektar.

Keywords

usahatani karet; pendapatan; UMP

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. 2022. Provinsi Sumatera Utara dalam angka 2022. Sumatera Utara. http://bpsisumut.go.id (diakses pada tanggal 24 Mei

.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Nias. 2021. Kabupaten Nias dalam angka 2022. Nias. http://bpsnias.go.id (diakses pada tanggal 24 Mei 2022).

Budiman, H. 2012. Budidaya karet unggul prospek jitu investasi masa depan. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Departemen Pertanian. 2022. Strategi Kementan Tingkatkan Harga Karet. Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta. http://pertanian.go.id (diakses 24 Mei 2022).

Evizal, R. 2015. Karet Manajemen dan Pengelolaan Kebun. Plantaxia. Yogyakarta.

Menteri Perekonomian. 2019. Momentum yang tepat untuk meremajakan karet. Majalah Hortus. Pondok Pinang. Jakarta Selatan.

Nurhakim dan Yunus. 2014. Perkebunan Karet Skala Kecil Cepat Panen Secara Otodidak. Infra Pustaka. Depok.

Yusnu dan Aditya, 2014. Perkebunan Karet Skala Kecil Cepat Panen. Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Terbitan (KDT), 200 hal. Depok.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.