COFFEE MARKETING STRATEGY (Case Study of Kiniko Coffee Business in Tabek Patah)

Widyanti Muspita, Rahmi Yuristia, Nofialdi Nofialdi

Abstract

Kopi (coffee spp) merupakan salah satu jenis tumbuhan berbentuk pohon yang termasuk dalam famili Rubiaceae dan genus kopi. Kiniko merupakan salah satu produsen kopi di Tabek Patah, Provinsi Sumatera Barat, dan diminati banyak orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran kopi di Kiniko Tabek Patah, melakukan analisis SWOT untuk melihat strategi pemasaran yang diterapkan oleh industri Kopi Kiniko di Tabek Patah. Penelitian dilakukan di kabupaten Tanah Datar yaitu di Tabek Patah jalan raya Bukittinggi-Batusangkar khususnya di Kiniko Coffee yang bergerak dibidang pengolahan kopi dan memasarkan langsung kopi tersebut. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis SWOT dapat diperoleh bahwa perusahaan berada pada kuadran I yang berarti Perusahaan mempunyai peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Keywords

Kopi Kiniko, Strategi Pemasaran, SWOT

Full Text:

PDF

References

Brohi, Shaharyar & Khuhro, Tarique & Kalwar, Saima & Rajput, Asad & Brohi, Ahmed & Brohi, Y. (2020). Assessment of agriculture sector using SWOT analysis: A case study of Mirpur Khas, Sindh.. 52. 369-374. 10.26692/sujo/2020.12.55.

Fredy Rangkuti, 2016. SWOT analysis of techniques to dissect business cases, Publisher PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Najiati S and Danarti. 2006. Coffee Cultivation and Handling After Harvest. Self-help spreader, Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2013, Marketing Management, Volume 1, Edition. 13, Erlangga. Jakarta. Lucia Sithole, Musaemura,

Jabulani Sithole & Cathrine Chirimuta. (2018).

Marketing challenges experienced by small-to-medium

enterprises over formal clothing industries in Harare, Zimbabwe, Cogent Social Sciences, 4:1, DOI : 10.1080/23311886.2018.1488234

Rachmawati, Rima & Sherlita, Erly. (2021). Effect of Sales Growth, Firm Size, Profitability on Earning Per share. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT). 12. 675-680.

Rahmi, F., Afriwan, H., & Pebriyeni, E. (2018). Re- Desain Packaging Produk Kopi Kiniko di Tabek Patah.

DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2), 1- 10.

Saragih, B., 2009. Development of the Agribusiness Sector in the Indonesian Economic Development Framework. BAPPENAS, Jakarta.

Soekartawi. 2016. Agribisnis : Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Rajawali Pers. Sugiyono. 2012. Educational research methods: quantitative, qualitative and R&D approaches. Bandung: Alfabeta.

Tirta, A., & Sarli, P. W. (2021, September 30). Indonesia’s SMEs hold the key to growth. How can they scale up? World Economic Forum.

https://www.weforum.org/agenda/2021/09/how-can-

indonesian-smes-scale-up/

Yahya, A. Z., Othman, M. S., & Shamsuri, A. L. S. (2012). The impact of training on small and medium enterprises (SMEs) performance. Journal of Professional Management, 2(1), 15–25. https://apastyle.apa.org/instructional-aids/reference-

guide.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.