Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Esteh Indonesia di Kota Padang

Afifah Rahmatillah, Rina Sari, Lora Triana

Abstract

Usaha minuman teh berkembang pesat di Kota Padang sehingga menyebabkan tingginya persaingan antar pemilik usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen Esteh Indonesia di Kota Padang dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang konsumen Esteh Indonesia di Kota Padang. Konsumen yang dijadikan responden ditentukan dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan bantuan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan mayoritas konsumen Esteh Indonesia berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia 19-24 tahun, pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa, pendapatan perbulan < Rp 1000.000 dan jarak ke lokasi pembelian 1-5 km. Berdasarkan model penelitian yang dilakukan diperoleh nilai R square sebesar 0,540. Nilai uji F didapatkan sebesar 11,896 yang artinya variabel faktor kebudayaan, sosial, pribadi, psikologi, produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang.

Keywords

Minat Beli Ulang, Perilaku Pembelian Konsumen, Esteh Indonesia

Full Text:

PDF

References

Anggraini, Tuty. 2017. Proses Dan Manfaat Teh. Padang : Penerbit Erka.

Badan Pusat Statistik. 2020. Statistik Teh Indonesia 2019. Jakarta

Faradiba, Sri Rahayu Triastuti. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen70 Afifah Rahmatillah et.al.Di Warung Makan Bebek Semarang [Skripsi]. Semarang : Universitas Diponegoro.

Fitriah, Frisca Ammrotul. 2021. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Esteh Indonesia Kebun Gresik Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi [Skripsi]. Departemen Manajemen. Universitas Internasional Semen Indonesia.

Ghifari, M. Haekal.2021. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Kedai Kopi Nan Yo Di Kota Padang [Skripsi]. Padang. Fakultas Pertanian. Universitas Andalas.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Kementrian Pertanian. 2019. Outlook Teh. Jakarta : Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran (edisi Kesebelas). Jakarta.

Nazir, Mohammad. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sangadji, Etta M. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta : Indeks.

Setiadi, Nugroho J. 2002. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Somantri, Ratna dan Tanti K. 2013. Kisah dan Khasiat Teh. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.