Strategi Pemasaran pada Usaha Kopi Solok Cap Bintang di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok

Dinda Kusuma Putri, Widya Fitriana, Muhammad Hendri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan usaha Kopi Solok Cap Bintang (2) Mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang terdapat pada usaha Kopi Solok Cap Bintang (3) Merumuskan strategi pemasaran untuk usaha Kopi Solok Cap Bintang. Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Panyakalan, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metode analisis deksriptif. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ini memiliki posisi internal dan eskternal yang kuat dilihat dari nilai matriks IFE yaitu 2,856 dan nilai matriks EFE yaitu 3,015. Artinya bahwa usaha ini mampu menggunakan keunggulannya untuk menangkap peluang serta mampu merespon ancaman dengan baik. Ada delapan alternatif strategi pemasaran yang dihasilkan berdasarkan analisis SWOT yaitu (1) Mempertahankan kualitas dan variasi produk (2) Memperluas jaringan pasar (3) Melengkapi atribut pada kemasan atau label (4) Menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan pemerintah atau dinas terkait (5) Menyediakan metode pembayaran digital untuk memudahkan transaksi (6) Mempertahankan ciri khas produk (7) Menjalin kerjasama dengan pemasok untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas (8) Meningkatkan promosi melalui media online dan offline. Sedangkan strategi prioritas utama berdasarkan analisis QSPM yaitu strategi ke-2. Kesimpulannya untuk mendorong pengembangan usaha, perlu prioritas strategi memperluas jaringan pasar. Untuk itu disarankan kepada usaha untuk membuat kerjasama dengan pengecer yang berada di daerah lain dan menggiatkan kembali pemasaran secara online.

Keywords

Strategi Pemasaran; Strategi Prioritas; Usaha Kopi

Full Text:

PDF

References

Abhirama, M. A. (2022). Strategi Pemasaran Kopi Sapuangin Merapi Menggunakan Analisis STP, Marketing Mix, dan SOAR. Yogyakarta: FakultasTeknologi Industri. Universitas Islam Indonesia.

Ananda, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UsahaTabo Kopi Sipirok. Padangsidimpuan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islma Negri Padangsidimpuan.

David, F. R. (2019). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Solok. (2021). Direktori Perusahaan Industri Kecil dan Menengah Berdasarkan Kecamatan Kabupaten Solok Per 31 Desember 2021.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Solok. (2022). Daftar Perusahaan Berdasarkan Proyek di Kabupaten Solok Tahun 2022.

Direktorat Jenderal Perkebunan. (2015). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Perkebunan Tahun 2015-2019. Jakarta.

Feri, A.Y. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kopi Hendra Sari di Nagari Koto Tangah Simalanggang Kabupaten 50 Kota. Bukit Tinggi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negri (IAIN)

Bukittingi.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2019). Industri Pengolahan Kopi Semakin Prospektif. https://kemenperin.go.id.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12.

Jakarta: PT Indeks.

Lupiyoadi, R A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salembat Empat.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putri,B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama

Shareen Sylbia., N.R Andayani. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kara Santan PT Enseval Putera Megatrading, Tbk. Journal of Applied Business

Administration 2 (1) 46-59.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Hamka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.