Analisis Strategi Pengembangan UKM (Studi Kasus : Usaha Restoran Bakmi Ja di Kota Padang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada usaha kecil menengah (UKM) di Kota Padang dengan studi kasus pada Restoran Bakmi JA di Kota Padang. Tujuan penelitian untuk menggambarkan profil usaha Restoran Bakmi JA, menganalisis lingkungan strategis internal dan eksternal serta merumuskan strategi pengembangan usaha Restoran Bakmi JA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data menggunakan matriks SWOT dan matriks QSPM. Tujuan dari pengembangan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan pendapatan dan bertahan pada tingkat persaingan yang tinggi. Untuk meningkatkan pendapatan dan bertahan pada persaingan yang tinggi, maka dirumuskan beberapa strategi yang terdiri dari: (1) meningkatkan dan menjaga kualitas produk, (2) meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, (3) melakukan promosi yang lebih intensif melalui media internet dan elektronik, (4) melakukan riset untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Restoran Bakmi JA fokus terhadap peningkatan kualitas produk serta peningkatan pelayanan, sehingga bisa menghadapi persaingan di industrikuliner Kota Padang
Kata kunci :strategi pengembangan, industri kecil menengah, restoran, SWOT, QSPM
This research was conducted on small-middle business in Padang City,which case study on Bakmi JA Restorant. The purpose of this research are to identify profile of Bakmi JA restorant, to analyze internal and external environmental and formulate development strategies of Bakmi JA restorant. This reseach is a qualitative research using case study method. Data analysis using SWOT matrix dan QSPM matrix. The goal of the development to be achieved are to increase the income and facing competitors. So that, strategies that applied to Bakmi JA are 1) improving and maintainingproduct quality, 2)improving service quality to consumer, 3) intensive promotion through internet media and electronic and 4) Doing customer satisfaction research. Based of this research, Restoran Bakmi JA should be focus on improving product and services quality to face the competitors in culinary industry.
Keywords :agribussiness, agriculture,coffee
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta. Prenada Media
David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Edisi ke 12.Jakarta : Salemba Empat
Hapsari, Pradnya Paramita. 2011. Pelaksanaan Penjaminan Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintahan Kota Batu).Jurnal Wacana Vol 17, No 2. Jurusan Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Admistrasi.Universitas Brawijaya
Tjiptono F, Chandra G. 2007. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset
Krisnamurthi,B.2001.Agribisnis.Jakarta:Yayasan Pengembangan Sinar Tani
Refbacks
- There are currently no refbacks.