Analisis Nilai Tambah pada Agroindustri Bawang Goreng Ali Masni di Kota Padang

Gary Syukra Rizki, Syahyana Raessi, Muhammad Refdinal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan profil Agroindustri Bawang Goreng Ali Masni dan (2) Menganalisis besarnya nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan bawang goreng pada Agroindustri Bawang Goreng Ali Masni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis besarnya nilai tambah menggunakan metode Hayami. Produk bawang goreng yang dihasilkan dari Agroindustri Bawang Goreng Ali Masni adalah bawang goreng kelas satu, kelas dua dan kelas tiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai tambah yang dihasilkan oleh Agroindustri Bawang Goreng Ali Masni untuk produk bawang goreng kelas satu sebesar Rp 16.757,903/kg dengan rasio nilai tambah sebesar 52,368% yang tergolong tinggi dan produk bawang goreng kelas dua sebesar Rp 10.857,903/kg dengan rasio nilai tambah sebesar 45,241% yang tergolong tinggi, sedangkan produk bawang goreng kelas tiga sebesar Rp 5.602,474/kg dengan rasio nilai tambah sebesar 31,125% yang tergolong sedang.

Keywords

Vallue Added, Agroindustry, Fried Onions

Full Text:

PDF

References

Annisa, E. (2018). Analisis Nilai Tambah pada Agroindustri Sirup Buah Pala di Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Skripsi, Universitas Andalas, Padang.

Arum, I. (2018). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Olahan Bawang Merah UD. Dua Putri Sholehah di Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Universitas Jember, Jember.

Fuad, M, Christin H, Nurlela Sugiarto, Paulus, Y.E.F. . (2009). Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gitosudarmo, I. (2002). Manajemen Keuangan Edisi 4. . Yogyakarta : BPFE.

Hayami, Y. et all. . (1987). Agricultural Marketing and Processing In Up Land Java. A perspective from a Sunda village. Bogor: CGPRT Centre.

Pratiwi, K. (2016). Analisis Nilai Tambah pada Usaha Dendeng Jantung Pisang Bundo Fabbio di Kota Padang. Universitas Andalas, Padang.

Soekartawi. (2001). Pengantar Agroindustri. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb-Douglas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. (2010). Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Swastha, B dan Sukotjo, I. (2002). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tim Bina Karya Tani. (2008). Pedoman Bertanam Bawang Merah. Bandung: Yrama Widya.

Wirartha, I Made. . (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.